Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

The Effect of Problem-Based Learning (PBL) on Improving Students' Mathematical Ability: Meta-Analysis

Qania Agustika Siagian (Indonesian education university)
Darhim Darhim (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Khairunnisa Khairunnisa (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran efek dan mendeskripsikan penelitian-penelitian pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan matematis siswa. Kemampuan yang dapat ditingkatkan melalui Problem-Based Learning (PBL) yaitu kemampuan matematis reflektif, penalaran, berpikir kritis, spasial, komunikasi, representasi, dan koneksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan mengulas berbagai artikel yang memiliki keterkaitan pada topik penelitian. Jumlah artikel yang sesuai dengan karakteristik sesuai target, screening, dan kriteria inklusi eksklusi ditemukan 29 artikel (studi primer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada periode tahun 2012-2021 kemampuan berpikir kritis matematis mendominasi hasil penelitian dalam peningkatan kemampuan matematis melalui Problem-Based Learning (PBL). Penelitian banyak dilakukan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pulau Jawa dan Bali dengan ukuran sampel 30 atau lebih. Metode penelitian dari studi primer yang digunakan didominasi oleh kuasi-eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan penelitian-penelitian membuktikan nilai ukuran efek gabungan implementasi Problem-Based Learning (PBL) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan matematis siswa dari studi primer yang dianalisis adalah 1.147 dalam kategori sangat tinggi. Model PBL sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan matemasis siswa dan menanamkan konsep kepada siswa yang masih kurang efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...