Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas strategi SQ4R dengan berorientasi PISA konten charge and relationship pada siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah control Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas 8 A dan B di SMP Darul Ulum 5 Jombang. Sebelumnya dan sesudah diberikan tindakan, maka kedua kelas eksperimen diberikan tes awal untuk mengetahui literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan uji ANOVA serta uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk mengetahui efektivitas menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa yang diberikan strategi SQ4R dengan penerapan model pembelajaran langsung. Di samping itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan strategi SQ4R dengan masalah PISA Konten Change and Relationship memperoleh hasil N-Gain sebesar 80,04% dengan kategori efektif. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung memperoleh hasil N-Gain sebesar 54,76% dengan kategori kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi SQ4R dengan masalah PISA Konten Change and Relationship dapat dikatakan berhasil terhadap kemampuan literasi matematis siswa secara maksimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023