Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

Pengaruh Langkah Polya Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Geometri

Via Ditia Harinda (Universitas Negeri Manado)
Nicky Kurnia Tumalun (Universitas Negeri Manado)
Vivian Eleonora Regar (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meneliti apakah langkah Polya mempengaruhi hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Ratahan kelas XI untuk menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret geometri. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan yang berbentuk posttest only control group design. Di SMA Negeri 1 Ratahan penelitian ini dilaksanakan, kelas XI MIA 3 adalah kelas eksperimen dan XI MIA 2 adalah kelas kontrol. Hasil penelitian memperlihatkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 72,46 sedangkan kelas eksperimen adalah 80,04 melalui pemberian tes akhir (posttest). Uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) diperoleh yaitu rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan langkah Polya lebih dari rata-rata hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan langkah Polya. Hal ini berarti langkah-langkah Polya memiliki dampak kearah yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...