Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif dan reward terhadap produktifitas kerja karyawan divisi marketing pada PT Suka Fajar di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan divisi marketing pada PT Suka Fajar di Pekanbaru, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah jumlah populasi secara keseluruhan dengan menggunakan teknik sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview dan angket dengan analisis data menggunakan metode deskriptif dan menggunakan regresi berganda. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, diketahui bahwa insentif dan reward berpengaruh signifikan terhadap produktifitas kerja karyawan divisi marketing pada PT Suka Fajar di Pekanbaru. Kontribusi insentif dan reward terhadap produktifitas kerja karyawan sebesar 55,3%, sedangkan sisanya sebesar 44,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan perlunya bagi pimpinan untuk memberikan insentif dalam bentuk jaminan sosial yang terdiri dari izin sakit dengan tetap mendapatkan gaji, tunjangan hari raya dan biaya pengobatan karyawan dan keluarga karyawan. Perlunya pihak perusahaan memberikan insentif non materil dalam bentuk penghargaan yang dapat berupa pujian, promosi atau kenaikan jabatan, tanda jasa atau medali dan ucapan terima kasih yang disertakan dalam bentuk peningkatan pekerjaan yang terdiri dari ruang kerja dan jam kerja. Selain itu, perlunya pihak perusahaan untuk meningkatkan kuantitas kerja karyawan, dengan cara mewajibkan setiap karyawan memonitor setiap pekerjaannya secara detail kemudian melakukan pengecekan ulang untuk mencegah terjadinya kesalahan.
Copyrights © 2023