Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Strategi Duta Besar Dalam Meningkatkan Prestasi BelajarSejarah Siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan strategi duta besar terhadap prestasi belajar siswakelasXI IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Adapun materi yang digunakan ialah Proses MasukdanBerkembangnya Penjajahan Bangsa Eropa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan yang berjumlah 54 siswa dan terdiri dari 2 kelas, dan sampel yang digunakan ialah kelas XI IPS 2, yang terdiri dari 28 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes dan dokumentasi.Adapun tahap teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menghitung  nilai rata-rata; (2) menghitung  varians  dan simpangan baku; (3) uji normalitas sebaran data; (4) uji homogenitas varians; dan (5) uji-t Berdasarkan tahap analisis data tersebut maka diperoleh: nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 80,75: 71,81. Varians dan  simpangan baku kelas eksperimen adalah: 114,27 dan 10,69, sedangkan kelas kontrol 95,26 dan 9,79. Ujinormalitas kelas eksperimen  adalah 5,15 dan kelas kontrol 4,42. Uji homogenitas varians terakhir kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,19 dan hasil uji-t adalah 0,44.Hasil penelitian yang didapat adalah pelaksanaan strategi duta besar berpengaruh terhadap belajar IPS siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data di atas bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sebaran data nilai tes  akhir  siswa  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal berdasarkan taraf signifikan diperoleh X2hitungX2tabel yaitu 5,157,81 dan 4,427,81. Untuk uji homogenitas Fhitung≥ Ftabel= 1,19 ≤ 1,92, maka varians data kelas eksperimen dan data kelas kontrol homogen. Hasil uji-t dalam pelaksanaan strategi duta besar berpengaruh terhadap  belajar IPS siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Diperoleh uji-t yaitu thitung= 0,44 sedangkan ttabel= 1,68, berarti bahwa  thitungttabelatau 0,441,68. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka signifikan. Artinya penggunaan strategi duta besar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019