JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 6, No 1 (2021): Februari, Penerapan Media dan Pengaruh Pembelajaran

Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantukan Media Pop-Up Book terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah

*Nadia Rezkita Febri (Universitas Syiah Kuala)
Nurasiah Nurasiah (Universitas Syiah Kuala)
Sufandi Iswanto (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran probing-prompting berban­tukan media pop-up book terhadap prestasi bela­jar siswa kelas X di SMAN 1 Bandar Kabu­paten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen posttest-only control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 se­bagai kelas eksperimen yang terdiri atas 15 siswa dan siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 80,1 dan 63,9; (2) berdasarkan uji normalitas yaitu sebaran data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdis­tribusi normal, pada kelas eksperimen diperoleh data dengan taraf signifikan α =  ≤ yaitu 6,3 ≤ 9,49 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh data   ≤  yaitu 1,5 ≤ 9,49; (3) berdasarkan uji homogenitas yang dilakukan diperoleh data  ≤  yaitu 1,47 ≤ 2,37; dan (4) berdasarkan uji hipotesis atau uji-t di­peroleh nilai   atau 2,9 2,04. Oleh karena itu, sesuai kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model pembelajaran probing-prompting berbantukan media pop-up book berpengaruh terhadap pres­tasi belajar sejarah siswa kelas X di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...