Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran probing-prompting berbantukan media pop-up book terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen posttest-only control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 15 siswa dan siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 80,1 dan 63,9; (2) berdasarkan uji normalitas yaitu sebaran data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, pada kelas eksperimen diperoleh data dengan taraf signifikan α = ≤ yaitu 6,3 ≤ 9,49 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh data ≤ yaitu 1,5 ≤ 9,49; (3) berdasarkan uji homogenitas yang dilakukan diperoleh data ≤ yaitu 1,47 ≤ 2,37; dan (4) berdasarkan uji hipotesis atau uji-t diperoleh nilai atau 2,9 2,04. Oleh karena itu, sesuai kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model pembelajaran probing-prompting berbantukan media pop-up book berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X di SMAN 1 Bandar Kabupaten Bener Meriah.
Copyrights © 2021