Strategi pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar yang ingin dicapai oleh seorang guru.Untuk memperoleh hasil belajar siswa yang tinggi, salah satunya ialah penerapan strategi pembelajaran Small Group Work. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Small Group Work Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen” ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Small Group Work terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peusangan Siblah Krueng yang berjumlah 40 siswa dan terdiri 2 kelas. Sampelnya adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan test dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dimana nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 78,75 sedangkan kelas kontrol adalah 66,5 sedangkan analisis berdasarkan nilai test individu di kelas eksperimen terdapat 15% siswa yang tidak tuntas dan 85% siswa yang tuntas, sedangkan di kelas kontrol 75% siswa yang tidak tuntas dan 25% siswa yang tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi belajar Small Group Work terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS.Kata kunci: strategi pembelajaran, small group work, prestasi belajar
Copyrights © 2019