Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 tingkat SMP Se-Kota Jambi

Muhammad Fikri Fahrudin (Universitas Jambi)
Nelyahardi Nelyahardi (Universitas Jambi)
Hera Wahyuni (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia seutuhnya. Untuk itu diperlukan proses pembelajaran yang kondusif agar pembelajaran tersebut berjalan dengan lancar, peserta didik harus mematuhi tata tertib dan bersikap disiplin. Tetapi kedua hal ini cenderung menurun ketika sekolah kembali memberlakukan pembelajaran secara tatap muka setelah pandemi Covid-19. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi sikap ketidakdisiplinan peserta didik yang rendah tersebut diantaranya dilakukan oleh Guru BK yaitu dengan memberikan layanan konseling. Guru BK tentu saja sudah menerapkan strategi untuk mengatasi masalah kedisiplinan peserta didik ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas strategi yang digunakan guru BK dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik pada aspek kedisiplinan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, memperhatikan/menyimakkegiatan pembelajaran, partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyelesaikan tugas dari guru dengan tepat waktu. Penelitian ini memakai desain penelitian studi lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan penyebaran angket. Angkat ditujukan untuk guru mata pelajaran Bimbingan Konseling (BK) di sekolah menengah pertama negeri di Kota Jambi. Teknik pengumpulan secara deskriptif dengan bentuk skala likert. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi yang telah digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik pasca Covid-19 di SMP se-Kota Jambi, dapat disimpulkan bahwa strategi guru BK tersebut sangat efektif diterapkan pada peserta didik karena ada peningkatan kedisiplinan peserta didik pada aspek memperhatikan/menyimak kegiatan pembelajaran, partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyelesaikan tugas dari guru dengan tepat waktu. Walaupun demikian masih ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan oleh guru BK yaitu komunikasi agar lebih mengenal potensi yang dimiliki peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...