Penelitian bertujuan mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran gambar berseri sebagai edukasi menulis deskripsi siswa kelas III Sekolah Dasar. Data kuantitatif dari hasil penilaian produk oleh validator serta dari hasil pengisian angket kepraktisan bahan ajar oleh guru dan peserta didik. Data kualitatif dari saran dan catatan oleh validator, guru, dan peserta didik. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, angket. Tingkat validitas bahan ajar oleh ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli desain. Hasil validasi ahli materi memperoleh ratarata 3,33 dengan kategori “sangat valid”. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata 3 dengan kategori “valid”. Hasil validasi ahli desaian memperoleh rata-rata 3,54 dengan kategori “sangat valid”. Hasil dari respon guru memperoleh rata-rata 3,6 dengan kategori “sangat baik”. Hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukan hasil rata-rata 3,6 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelompok besar memperoleh ratarata 3,7 dengan kategori “sangat baik”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023