Jurnal Oase Nusantara
Vol 1 No 2 (2022)

Model aktivitas bersama dan direct instruction (ABDI) untuk pelatihan kepala sekolah

Imran, Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model ABDI dalam memfasilitasi Pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk Kepala Sekolah Jenjang SD dengan fokus kepada peningkatan semangat belajar, efektivitas Diklat TIK, produktivitas dan meningkatkan kemandirian bagi para kepala sekolah. Fakta menunjukkan hasil UKG Kepala Sekolah untuk Kelompok kompetensi pemanfaatan TIK masih rendah, sehingga subjek penelitian ini adalah para Kepala Sekolah jenjang SD yang memiliki kompetensi TIK di bawah rata-rata. Karena kepala sekolah merupakan salah satu aktor utama yang menjadi penentu dalam kemajuan pendidikan di satuan pendidikan. Model ABDI memberikan ruang bagi Widyaiswara untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif, sehingga meningkatkan motivasi belajar kepala sekolah dalam mengikuti Diklat, jika motivasi belajar telah meningkat maka efektivitas proses belajar dapat lebih optimal dan pada akhirnya berbuah pada hasil dan produk yang diharapkan yang akan meningkatkan kemandirian kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Diklat TIK berbasis ABDI dapat meningkatkan semangat belajar para kepala sekolah, meningkatkan efektivitas kegiatan Diklat, berorientasi pada hasil/produk, serta meningkatkan kemandirian para kepala sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

oase

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Oase Nusantara adalah berkala ilmiah 6 bulanan (terbit April & Oktober) akses terbuka (open access) dan peer-review. Berkala ilmiah ini bertujuan untuk memberikan kontribusi signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan kajian kajian ilmiah pada topik multidisipliner ilmu: 1. Ilmu ...