Jurnal Oase Nusantara
Vol 1 No 2 (2022)

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Naing, Naing (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran matematika pada materi trigonometri. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 8 Gowa Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini berlangsung dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari lima kali pertemuan. Data yang diperoleh nilai rata-rata siswa pada pra tes masih dibawah nilai (KKM =76) yaitu 69,7. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil kemampuan belajar siswa pada siklus I dari yang belum tuntas berkurang menjadi 25 %, sedangkan pada siklus II berkutang lagi menjadi 6 %. Demikian juga data pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 24 orang atau 75 % menjadi 30 orang atau 94 % pada siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa pada siklus II lebih baik dibandingkan nilai tes dibandingkan nilai tes pada siklus I. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi trigonometri memberikan dampak positif dalam pembelajaran berupa peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

oase

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Oase Nusantara adalah berkala ilmiah 6 bulanan (terbit April & Oktober) akses terbuka (open access) dan peer-review. Berkala ilmiah ini bertujuan untuk memberikan kontribusi signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan kajian kajian ilmiah pada topik multidisipliner ilmu: 1. Ilmu ...