Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023

STRATEGI COOPERATIVE DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN

Ulfia Fiqri Aulia (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nurul Latifatul Inayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keefektifan strategi kooperatif dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran bagi siswa. Metode pemecahan masalah digunakan sebagai pendekatan utama dalam penelitian ini, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran siswa. Penelitian dilakukan melalui pembelajaran kelompok yang melibatkan 30 orang santri dari sebuah pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi kooperatif mampu mengatasi kesulitan membaca Alquran bagi siswa. Dalam konteks pembelajaran kelompok, siswa dapat saling berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang muncul saat membaca Alquran. Proses ini membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan Al-Quran dan juga memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting bagi pendidikan Al-Quran di pesantren. Strategi kooperatif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang efektif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Alquran. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam pembelajaran al-Qur'an serta kontribusi strategi kooperatif dalam pengembangan pendidikan Islam

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...