Kosakata merupakan salah satu komponen awal dalam mempelajari bahasa Inggris. Menguasai kosakata berarti dapat menyampaikan dan menulis sebuah ide melalui kata-kata yang bermakna. Faktanya, siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli memiliki masalah dalam penguasaan kosakata yang berdampak pada tulisan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah siswa dalam penguasaan kosakata melalui permainan rantai kata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pada siklus I menunjukkan bahwa terdapat 20 siswa yang tidak lulus KKM dari 32 siswa dan nilai rata-rata siswa adalah 59,57. Selain itu, pada siklus I terdapat hasil evaluasi siswa dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 85. Pada siklus II, semua siswa telah lulus KKM dari 32 siswa dan dengan nilai rata-rata siswa 91,31 serta terdapat nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan permainan rantai kata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023