Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS LAKIDENDE

Haedariah Haedariah (Universitas Lakidende)
Anas Anas (Universitas Lakidende)
Alan Alan (Universitas Lakidende)
Lucky Arofah (Universitas Lakidende)
Riska Pujiastutik (Universitas Lakidende)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2023

Abstract

Peneltian ini bertujuan mendeskripsikan tentang minat baca mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lakidende Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berjumlah 235 orang mahasiswa. Adapun sampel pada penelitian ini penelitian ini sebanyak 105 yang dilakukan dengan tehnik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pada angket minat baca mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdapat 15 butir minat baca. Sehingga data yang diperoleh dihitung melalui tabel frekuensi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif . Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka hasil penelitian diperoleh bahwa minat baca mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan kategori cukup tinggi karena 60% dari jumlah responden memiliki minat membaca yang tinggi; dan 30 % mahasiswa yang memiliki minat baca diluar bidang ilmunya dalam kategori sedang serta 10 % mahasiswa yang memiliki minat baca yang yang masih kurang atau rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...