Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PEMIKIRAN SYED M. NAQUIB AL-ATTAS TENTANG KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN

Murni Ariani Br Saragih (Universitas Alwashliyah Medan)
Nikmah Royani Harahap (Universitas Alwashliyah Medan)
Mardiah Mardiah (Universitas Alwashliyah Medan)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang kurikulum?, bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang Metode Pendidikan?, dan bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan dan relavansiya pada era sekarang?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pustaka berupa studi tokoh dengan pendekatan kualitatif. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode : 1) induksi dan deduksi serta dalam melakukan analisis terhadap pemikiran seorang tokoh dilihat benang merah yang menghubungkan pemikiran-pemikirannya, baik lingkungan historis dan pengaruh-pengaruh yang dialaminya, maupun perjalanan hidupnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urikulum menurut Syed M. Naquib Al-Attas terbagi kepada dua bagian, yaitu Kurikulum Fardhu’Ain dan Fardhu Kifayah dengan metode metafora dan Tauhid. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan pendidikan Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...