Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang kurikulum?, bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang Metode Pendidikan?, dan bagaimana pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan dan relavansiya pada era sekarang?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pustaka berupa studi tokoh dengan pendekatan kualitatif. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode : 1) induksi dan deduksi serta dalam melakukan analisis terhadap pemikiran seorang tokoh dilihat benang merah yang menghubungkan pemikiran-pemikirannya, baik lingkungan historis dan pengaruh-pengaruh yang dialaminya, maupun perjalanan hidupnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urikulum menurut Syed M. Naquib Al-Attas terbagi kepada dua bagian, yaitu Kurikulum Fardhu’Ain dan Fardhu Kifayah dengan metode metafora dan Tauhid. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan pendidikan Islam.
Copyrights © 2023