Journal of Informatics and Vocational Education
Vol 6, No 3 (2023): Journal of Informatics and Vocational Education - November

Pengembangan Media Interaktif Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Roudlotul Ulum Suwawal

Salik Manahijassu'ada' (Universitas Sebelas Maret)
Dwi Maryono (Universitas Sebelas Maret)
Agus Efendi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan serta kelayakan media interaktif berbasis mobile bagi siswa kelas V MI Roudlotul Ulum terhadap pembelajaran Bahasa Arab; (2) mengetahui respon pengguna terhadap media interaktif berbasis mobile sebagai media pembelajaran siswa kelas V MI Roudlotul Ulum terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket penilaian validasi uji ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa (pengguna). Hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran memperoleh total skor sebesar 88% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil evaluasi ahli materi menunjukkan penerapan media pembelajaran memperoleh total skor 87% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil uji pengguna, aplikasi media pembelajaran interaktif memperoleh skor akhir sebesar 92%, termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Roudlotul Ulum Suwawal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

JOIVE is a peer-reviewed journal providing a forum for presenting the latest original research results and developments in the fields of informatics and applied computer science education. The journal promotes discussion among researchers, students, and practitioners in informatics and practical ...