Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan serta kelayakan media interaktif berbasis mobile bagi siswa kelas V MI Roudlotul Ulum terhadap pembelajaran Bahasa Arab; (2) mengetahui respon pengguna terhadap media interaktif berbasis mobile sebagai media pembelajaran siswa kelas V MI Roudlotul Ulum terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket penilaian validasi uji ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa (pengguna). Hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran memperoleh total skor sebesar 88% termasuk dalam kategori “Sangat Layakâ€. Kemudian hasil evaluasi ahli materi menunjukkan penerapan media pembelajaran memperoleh total skor 87% termasuk dalam kategori “Sangat Layakâ€. Hasil uji pengguna, aplikasi media pembelajaran interaktif memperoleh skor akhir sebesar 92%, termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Roudlotul Ulum Suwawal.
Copyrights © 2023