Journal of Informatics and Vocational Education
Vol 6, No 3 (2023): Journal of Informatics and Vocational Education - November

Model Problem Based Learning Berbantuan Media Sway untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Materi Desainer yang Kreatif di SMKN 1 Dukuhturi

Darmi Herawati (SMK Negeri 1 Dukuhturi)
Basori Basori (Universitas Sebelas Maret)
Astika Wulansari (SMK Negeri 5 Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Keaktifan siswa yang rendah menjadi penghambat lancarnya kegiatan pembelajaran, selain itu rendahnya keaktifan siswa menjadi penghalang tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual materi Desainer yang Kreatif yang dapat diamati dari aktivitas siswa dalam melakukan diskusi dalam kelompok, penyampaian pendapat, penyajian hasil pekerjaan kelompok, dan perhatiannya dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas X DKV 2 di SMKN 1 Dukuhturi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan rubrik dan observasi. Hasil penelitian ini pada setiap siklusnya menunjukkan siswa mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran yaitu, pada siklus I memperoleh rata-rata keaktifan sebesar 65,54 dan pada siklus II memperoleh rata-rata keaktifan sebesar 75,00.Kata kunci: Keaktifan Siswa, Problem Based Learning, Desain Komunikasi Visual, Desainer yang Kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

JOIVE is a peer-reviewed journal providing a forum for presenting the latest original research results and developments in the fields of informatics and applied computer science education. The journal promotes discussion among researchers, students, and practitioners in informatics and practical ...