Menjadi kepala sekolah Islam di era abad 21 bukan hal yang mudah, perlu adanya capacity building yang kuat, baik berupa kompetensi, karakteristik kepemimpinan maupun sikap dan kematangan kerja. Abad 21 adalah abad persaingan global, yang sangat berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) terjadi sangat luar biasa disegala bidang kehidupan. Pada abad ini, semua orang merasakan serba sophisticated menjadikan dunia ini terasa semakin sempit dan tanpa batas. Kecanggihan Information and Communication Technology (ICT) telah mengubah sesuatu yang sebelumnya sulit dan dianggap mustahil bisa terjadi, akan menjadi mudah, cepat dan akurat. Tidak dapat dipungkiri pada abad ke-21 ini permasalahan yang dihadapi manusia juga semakin complicated dan ruwet, misalnya terjadinya krisis ekonomi dan pemanasan global tak bisa dihindari, terorisme, rasisme, drug abuse, trafficking, masih rendahnya kesadaran multikultural. Sekolah Islam yang memiliki fungsi mencerdasakan kehidupan bangsa, mengembangkan karakter dan kecerdasan spiritual siswa, perlu dipimpin oleh kepala sekolah yang memiliki kompetensi dan karakteristik kepemimpinan sesuai kebutuhan abad 21. Penelitian ini mengunakan metode studi pustaka (library research) merupakan penelitian yang objeknya dicari dari berbagai informasi pustaka seperti buku, tesis, disertasi, jurnal ilmiah, majalah, koran, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan karakteristik kepemimpian kepala sekolah Islam adalah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023