Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 7 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Dick And Carey Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Martinus Didik Setyawan (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Lukman El Hakim (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang pengembangan desain pembelajaran matematika dengan menggunakan model Dick and Carey pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan langkah-langkah pengembangan desain pembelajaran dengan menerapkan model Dick and Carey dalam merancang pembelajaran yang efektif dan terstruktur, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Melalui tinjauan berbagai referensi, artikel ini menyajikan informasi tentang konsep, teori, dan praktik pengembangan desain pembelajaran dengan model Dick and Carey dalam pembelajaran matematika. Berbagai literatur yang relevan digunakan sebagai dasar untuk memahami konsep dan prinsip yang melandasi pengembangan desain pembelajaran matematika dengan menggunakan model Dick and Carey. Hasil dari pengembangan desain pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan model Dick and Carey dalam pengembangan desain pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar memiliki beberapa keuntungan. Model ini memberikan kerangka kerja yang sistematis dan terstruktur bagi guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, model ini juga menekankan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang spesifik dan evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Artikel ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pengembangan desain pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan model Dick and Carey. Dengan memperhatikan aspek-aspek penting dalam model ini, guru dapat merancang pembelajaran yang efektif, meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang sisi datar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika secara keseluruhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...