Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Vol. 12 No. 02 (2023): Fascho : Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

EVALUASI PENILAIAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK IHSAN AYUMI KECAMATAN CIOMAS KOTA BOGOR

Ida Royani (Unknown)
Suriyani (Unknown)
Al Juska Sasni Akbar (Universitas Muhammadiyah Bogor Raya)
Surtina (Universitas Muhammadiyah Bogor Raya)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penilaian hasil belajar yang sudah dilakukan oleh guru PAUD pada anak usia dini di TK Ihsan Ayumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, artinya peneliti memaparkan hasil observasi dan wawancara secara deskripstif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, awawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penilaian pada TK Ihsan Ayumi ini melakukan penilaian melalui pengamatan dan unjuk kerja, penilaian tersebut tidak dicatat secara individu melalui narasi melainkan berkelompok dengan memakai simbol angka. Selain teknik penilaian menggunakan system ceklis, teknik penilaian anekdot yaitu teknik penilaian yang berupa catatan kecil atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada anak tetap dilakukan guna memberikan gambaran singkat mengenai alasan kompeten atau tidaknya siswa. Dalam menjalankan RPPH dan penilaiannya, kedua teknik ini adalah teknik yang paling efektif. Dengan adanya teknik penilaian guru dapat mengetahui tingkat perkembangan pada anak usia dini yang sesuai dengan aspek perkembangan pada setiap anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fascho

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Fascho is a scientific journal published by Muhammadiyah School of Teacher Training and Education Bogor. The journal is published biannually in April and October. Fascho aims to accommodate ideas, research results produced by practitioners, thinkers, and experts in the fields of education and ...