Artikel ini membahas secara komprehensif, adanya konseptualisasi baru dari cara pemasaran atau promosi yang diaktualisasikan oleh masyarakat digital ke dalam ranah ekonomi digital. Fokus kajiannya ada pada studi kasus terhadap satu aplikasi bernama Tik Tok yang membangun sebuah ekosistem ekonomi digital yang secara penuh dilakukan menggunakan teknologi internet yaitu Tik Tok Affiliate. Hal ini sejalan dengan konsep pemasaran bernama Consumer to Consumer, dimana konsumen dapat menjual produknya ke konsumen lainnya, namun oleh Tik Tok dikonstruksikan dengan pendekatan berbeda yang mengombinasikan sebuah konten video oleh kreator Tik Tok yang disebut sebagai Affiliator. Adapun, teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah Teori Manuel Castells, Network Society (masyarakat jaringan), serta konsep Internet Affiliate Marketing yang menganalisis dari sisi masyarakat digital dan ekonomi digital pada aplikasi Tik Tok. Metode pada penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, yang menjadikan Tik Tok sebagai obyek penelitian sebagai ‘kasus’. Temuan dalam penulisan menjelaskan secara implisit tentang konsumen yang bertransformasi menjadi seorang Affiliator Tik Tok dalam Tik Tok Affiliate dengan menggunakan konsep C2C yang skema komisinya menggunakan skema komisi Pay Per Sale. Artinya, Affliator Tik Tok dapat meng-influence, mengedukasi konsumen lain melalui konten video yang Affiliator produksi, dan terbentuklah wajah baru dalam Consumer to Consumer.
Copyrights © 2023