Journal of Educational Review and Research
Vol 6, No 1 (2023): VOLUME 6 NUMBER 1 JULY 2023

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIKA

Erria, Rara (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)
Nirawati, Resy (Unknown)
Paruntu, Patrice Ester (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan post-test-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPS Kopisan Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh data menggunakan tes kemampuan literasi matematis dalam bentuk soal uraian. Hasil tes kemampuan literasi matematis pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 8,444 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 6,933. Setelah dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji independent diperoleh ???? ℎ???????????????????? = 3,4964 > ???????????????????????? = 2,03951  pada taraf signifikan 5%,  artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian diperoleh Effect Size sebesar 0,88 dengan interpretasi kategori besar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII di SMPS Kopisan Singkawang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...