Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan model Role Playing. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 35 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan role playing soal pretest rendah dan setelah diberi perlakuan role playing soal posttest meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SD Inpres Lae-Lae I Kota Makassar.
Copyrights © 2022