Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

Pengaruh Media Card Board Game Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Bertingkat Butung Kota Makassar

Muh Reza (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa.)
Sundari Hamid (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa.)
Susalti Nur Arsyad (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa.)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Media card board game sebagai media pembelajaran yang dibuat dari cetakan gambar yang berfungsi sebagai alat dalam menambah wawasan dari materi yang telah dijelaskan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media card board game terhadap hasil belajar IPS yang di laksanakan di SD Inpres Bertingkat Butung Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-experimental One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media card board game. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Proses analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media card board game berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Butung Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media card board game terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Butung Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...