Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Teknik Permainan Bahasa Siswa Kelas IV SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I mengalami peningkatan yang tuntas secara individual dari 22 siswa terdapat 15 siswa atau 68% telah lulus jika bandingkan dengan kondisi awal yang hanya 10 siswa atau 45% siswa yang lulus. Secara klasikal cukup terpenuhi karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76. Sedangkan pada siklus II dimana dari 22 siswa terdapat 20 siswa atau 91% telah memenuhi (KKM) dan secara klasik sudah terpenuhi nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 83,7 atau berada pada kategori tinggi.
Copyrights © 2023