Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies
Vol 2, No 1 (2023)

Peran Komunikasi Perubahan dalam Corporate Social Innovations (CSI) di Era Marketing 5.0

Iswahyu Pranawukir (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Jakarta)
Erita Riski Putri (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Jakarta)
Rezzi Nanda Barizki (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Jakarta)
Nur Desilawati (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Jakarta)
Maria Jashinta Elisabet Hamboer (Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957, Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Marketing 5.0 adalah paradigma pemasaran yang menekankan pada keterlibatan emosional dan humanisasi merek dalam menciptakan nilai bagi pelanggan dan masyarakat. Dalam era ini, perusahaan dituntut untuk tidak hanya berorientasi pada laba, tetapi juga pada dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan oleh aktivitas bisnisnya. Corporate Social Inovations (CSI) adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk menunjukkan komitmennya terhadap isu-isu sosial dan lingkungan melalui inovasi produk, proses, atau model bisnis yang dapat memberikan manfaat bagi berbagai pemangku kepentingan. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali konsep dan karakteristik CSI, serta contoh-contoh penerapannya di berbagai industri. Artikel ini juga mengacu pada teori marketing 5.0, teori inovasi sosial, dan teori triple bottom line strategi pengelolaan pesan dalam mengantisipasi dampak dan tantangan CSI di era marketing 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSI merupakan perubahan yang tidak dapat dihindari terutama dalam menghadapi era Marketing 5.0 yang diwarnai dengan disrupsi teknologi digital. Adapun strategi menghadapi perubahan tersebut menjadi strategis dengan diimplementasikannya strategi pengelolaan pesan triple bottom line melalui tahapan model perubahan Kurt Lewin. Artikel ini memberikan beberapa rekomendasi bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan CSI di era marketing 5.0.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hybrid_ad

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies is a scientific publication in the field of communication, especially ...