Pembelajaran fisika merupakan pelajaran dalam rumpun IPA dengan memberikan pengalaman dalam meningkatkan pengetahuan, kompetensi serta sikap percaya diri siswa supaya bisa memahami serta menjelajahi lingkungan sekitar secara objektif. Keterampilan pelajaran IPA dilatih melalui kegiatan praktikum yang menjadikan teknik pelajaran bagi guru dalam membantu peserta didik menguasai mata pelajaran fisika. Ada beberapa hambatan yang dialami guru maupun peserta didik saat melaksanakan praktikum, yakni keterbatasan waktu, laboratorium yang kurang memadai, serta faktor keamanan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan guru yang kreativitas dalam mewujudkan pembelajaran yang dilaksanakan pada laboratorium nyata yaitu menggunakan pembelajaran berbasis laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang berbasis virtual laboratory. Tipe penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mengacu pada model 4-D. Hasil dari penelitian diperoleh 1) media pembelajaran berbasis laboratorium virtual secara keseluruhan berkualitas baik dan layak diterapkan pada proses pembelajaran, 2) media pembelajaran yang dikembangkan sudah diimplementasi melalui instrumen tes hasil belajar kognitif dari kategori tidak tuntas 6,6% dan kategori tuntas 93,3% sehingga skor persentase hasil belajar peserta didik kelas XI IPA yaitu 99,9%.
Copyrights © 2023