cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
sulisworo@iistr.org
Phone
+6281328387777
Journal Mail Official
bei@journal.iistr.org
Editorial Address
Jalan Sugeng Jeroni No.36 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta 55142 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Buletin Edukasi Indonesia
ISSN : 29625742     EISSN : 29621674     DOI : https://doi.org/10.56741/bei
Buletin Edukasi Indonesia is a peer-reviewed, open-access magazine that considers scholarly, research-based articles on all aspects of education. This journal aims to facilitate the regional exchange of education theory, and contributions from different educational systems and cultures are encouraged. The journal publishes research articles as well as review articles. As an open-access journal, all articles are immediately available to read and reuse upon publication.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 57 Documents
Budaya Literasi Guru Dengan Metode GENDAM (Gerakan Nulis Pada Media) Eko Mulyadi
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.442 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i01.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan kenaikan pangkat golongan IVa ke atas, keterlaksanaan budaya literasi, dan penerapkannya. Metode yang digunakan adalah Gendam (Gerakan Nulis pada Media) melalui workshop penulisan dan diklat. Data guru ASN golongan IVa keatas dianalisis untuk ketercapaiannya. Data diperoleh dari perpustakaan dan jumlah guru ASN yang menulis dan dimuat di koran, majalah, jurnal dan buku baik pelajaran maupun non pelajaran. Temuan menunjukkan bawha ada hambatan kenaikan pangkat disebabkan guru-guru golongan IVa ke atas tidak menulis dan berhenti pada publikasi ilmiah. Keterlaksanaan budaya literasi secara makro baik siswa maupun guru sebesar 83,33%, secara individu masih rendah, sedangkan menulis di Koran 12,90%, menulis di Jurnal 10,48%, menulis di Buletin/Majalah 2,41% dan menulis buku pelajaran/non pelajaran 9,67%.
Rekognisi Pembelajaran Lampau di Perguruan Tinggi: Kajian Penerapan Permendikbudristek RI Nomor 41 Tahun 2021 Rahmad Nasir
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.588 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i01.20

Abstract

Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Kredibilitas dalam melakukan pengakuan ini menjadi penting. Tujuan tulisan ini adalah menjelaskan bagaimana pengakuan ini dapat dilakukan sesuai dengan ketentuan dengan sistem penjaminan mutu yang baik. Metode kajian yang digunakan adalah naratif deksriptif berdasar pada literatur dan peraturan perundangan yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa perlu ada monitoring yang lebih jelas pada pengakuan antar kampu terutama terkait dengan kesetaraan kualitas dan kesusuaian dengan kurikulum.
Peningkatan Kualitas Sekolah Melalui Supervisi Pendidikan Rini Wahyuningsih; Ermayanti
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.165 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i01.21

Abstract

Dalam peningkatan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus menerus. Potensi sumber daya guru itu perlu terus menerus tumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara profesional. Dengan demikian supervisi menjadi hal yang penting. Tujuan kajian ini adalah menjelaskan supervisi yang dilaksanakan di sekolah untuk peningkatan kualitas guru. Kajian ini merupakan kajian kualitatif berdasarkan pengamatan, pengalaman penulis dan literatur terkait. Hasil kajian menunjukkan masih banyak tantangan yang dihadapi dalam proses supervisi di sekolah seperti keterbatasan supervisor untuk guru yang ada sehingga tidak semua masalah dapat terselesaikan dengan tuntas. Masih ada kesenjangan antara atasan dan bawahan yang menyebabkan informasi dalam proses supervisi tidak dapat digali dengan optimum.
Learning Management System dalam Pendidikan: Kajian Pemanfaatan Google Classroom Dwi Pamungkas; Noor Aini; Nita Novianti
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.68 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i01.22

Abstract

Dalam pembelajaran online, learning management system merupakan sistem yang penting. Namun demikian, dalam pelaksanaan pembelajaran, tidak semua guru telah memanfaatkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan sistem ini agar siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Kajian ini membahas tentang penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran. Ada berbagai fitur dalam aplikasi ini yang dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas yang beragam. Aktivitas yang beragam ini dapat mendorong pada minat belajar siswa. Konsep multirepresentasi dapat digunakan sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Penerapan dengan cara ini memerlukan keterampilan guru dan dukungan kebijakan sekolah.
Motivasi Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19 I Made Mahaardhika; I Dewa Ayu Eka Purba Dharma Tari
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 01 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.528 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i01.23

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan termasuk aktivitas sekolah. Kebijakan pemerintah yang mewajibkan sekolah untuk pembelajaran online menemui beberapa kendala. Perubahan ini mempengaruhi banyak aspek dalam diri peserta didik, termasuk motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel adalah 113 orang. Pengumpulan data menggunakan angket pembelajaran online dan angket pembelajaran motivasional. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil ini menjadi rekomendasi untuk perlunya dikembangkan kebijakan perbaikan kualitas pembelajaran online pada pada aspek guru, fasilitas, dan siswa.
Menulis Karya Ilmiah dan Literasi Publikasi Guru di Manokwari Juni Syaputra; Syihabbudin; Vismaya Damaianti; Andoyo Sastromiharjo
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 02 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.441 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i02.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dalam menulis artikel ilmiah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan fenomena, keadaan guru dalam menulis artikel ilmiah dan pemahaman literasi publikasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 85 guru pegawai negeri yang ada di  Manokwari di tingkat SD, SMP dan SMA. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan hasil bahwa guru-guru secara umum memahami dan mengetahui tentang menulis artikel sebagai karya ilmiah terkhusus pada penulisan hasil penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian ini ditemukan produktivitas menulis artikel ilmiah hasil penelitian sebesar 60% guru-guru di  Manokwari yang menghasilkan artikel ilmiah dari hasil penelitian. Sementara kalau dilihat dari indikator publikasi karya ilmiah, guru-guru mengalami kendala dalam memublikasikan karya ilmiah terutama ketika menggunakan open journal system (OJS) sebesar 80% yang tidak dapat memublikasikan karya ilmiah yang telah ditulis. Dari hasil penelitian ini, diharapkan adanya pelatihan atau pendampingan khusus kepada guru-guru sebagai upaya meningkatkan publikasi di Indonesia.
Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Zainal Arifin; Ainul Yaqin
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 02 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.474 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i02.89

Abstract

Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila peserta didik secara aktif dan sadar terlibat dalam pengorganisasian dan penemuan informasi yang berupa pengetahuan. Guru perlu memiliki profesionalisme yang disyaratkan oleh peraturan pemerintah dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif sampel sebanyak 55 siswa yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalisme Guru dan Aktivitas belajar siswa berada dalam kategori cukup (72,73% untuk Profesionalisme Guru guru; 83,6% untuk Prestasi Belajar Siswa). Hasil ini didukung data observasi dan interview. Terdapat pengaruh yang positif dan substantial antara Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 75,5% dan sisanya 24,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
The Role of Individual and Group Counseling for Moral Coaching Abdur Ro’uf; Muhammad Arfan Mu’ammar; Mastoh Chesoh
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 02 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.721 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i02.90

Abstract

his study discusses the role of individual and group counselling, which aims to foster student morals. The subject of this study was Madrasah Tsanawiyah (Islamic Junior School) in Madura. Metode research used descriptive qualitative—data collection through observation, interviews and documentation. Data is analyzed through the process of data reduction, data presentation, and inference. Information is considered valid regarding credibility, transferability, dependability and affirmability. The results showed that the morals of the students were already quite good. Individual and group counselling is effective. Some problems are resolved through individual counselling, such as skipping school, being absent, and disturbing friends in class. What is accomplished through group counselling is being late, harassing friends in class, and fighting. The methods of individual and group counselling are almost the same. Supervisors maintain confidentiality and provide a sense of comfort and healing. Teachers provide advice, evaluation and follow-up.
Effects of Emotional Intelligence to Learning Achievement in Elementary School Acoci; Suardin; Muhammad Yusnan; Saada Omar; Suhairee Berngacha
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 02 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.903 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i02.100

Abstract

The influence of emotional intelligence on learning achievement in high-grade students of an elementary school in Wakatobi Regency, Indonesia. Emotional intelligence is one of the essential factors that should be possessed by students who need to achieve better learning achievement in school because, according to existing theories, emotional intelligence dramatically affects student learning achievement. The reality of this sat is quite interesting to study. The individual has a high chance of achieving high learning achievement. On the other hand, if a person has relatively low emotional intelligence, then that person certainly has the opportunity to get pretty low learning achievement. Whereas in reality, individuals lack emotional intelligence. High can achieve learning achievements that are biased to be proud of. This study aims to determine the effect of emotional intelligence on learning achievement in high-grade students. This study is quantitative. Variable covered emotional intelligence and learning achievement. The subjects in this study were students of the 4th, 5th, and 6th grades. The data collection method used is an emotional intelligence scale and documentation in the form of an average student report card score. The data analysis technique in this study uses simple linear regression analysis. R Square (coefficient of determination) was obtained of 0.103. This means that the effective contribution that emotional intelligence makes to learning achievement is 10.3%, while the remaining 89.6% is influenced by other factors. Such factors can be internal factors or external factors. This suggests that emotional intelligence has no effect on student learning achievement. Y=123.13+(16,555X), which means that each addition of one emotional intelligence value will reduce the learning achievement value by 16,555. These results show that emotional intelligence has no influence on learning achievement.
Teacher Barriers in Online Learning during Covid-19 Pandemic Yunifa Anisauzahro; Rahmad Bala; Muh. Amiruddin Salem; Islahuddin
Buletin Edukasi Indonesia Vol. 1 No. 02 (2022): Buletin Edukasi Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.531 KB) | DOI: 10.56741/bei.v1i02.117

Abstract

The main problem in this study is that researchers want to reveal how the social studies teacher's barriers in online learning during the covid-19 pandemic. The purpose of this research is to find out the obstacles experienced by social studies teachers in the implementation of online learning and practical solutions in implementing online learning. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation. The results of this study are the first, namely an inadequate internet network during online learning. The second is the boredom and lazy attitude of students. Saturated and lazy are psychological conditions of students. Third, namely the ability of students to use learning applications. Fourth, ownership of internet data quota. Limitations in purchasing quotas.  The solution to the problem of online learning is by implementing limited face-to-face activities, which can be used to collect assignments for students who do not have a stable internet network. As a solution to the boredom of the lazy attitude of students. Social Studies teachers always provide the latest social studies material references, which are in accordance with the current phenomena. Social Studies teachers provide guidance and direction to students who have not mastered how to operate the application. The solution to the barriers to quota ownership is to take advantage of quota assistance from the government.