Proceeding National Conference Business, Management, and Accounting (NCBMA)
6th National Conference Business, Management, and Accounting

STRATEGI BISNIS HYPERMART DI INDONESIA DALAM MASA PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN KE ONLINE

Ardi Ardi (Universitas Pelita Harapan)
Jacob Tan (Universitas Pelita Harapan)
Siska Juliana (Universitas Pelita Harapan)
Adventa Intan Pramesthi (Universitas Pelita Harapan)
Reni Saragih (Universitas Pelita Harapan)
Monica Widodo (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Pergeseran kebiasaan dan pola belanja pelanggan menjadi secara online menjadi fenomena penting yang berpengaruh bagi keberlangsungan industri supermarket. Pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat dan mendorong aktivitas dilakukan secara online, termasuk berbelanja telah mendorong munculnya platform online yang menyediakan kemudahan belanja kebutuhan sehari-hari. Fenomena pergeseran kebiasaan dan perilaku tersebut berdampak pada penurunan berbelanja fisik pada Hypermart tahun 2021 dan 2022 yang terlihat di laporan tahunan. Analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, dan SWOT, menjelaskan secara deskripsi bagaimana Hypermart di Indonesia dapat bangkit dengan didukung oleh faktor-faktor eksternal, dan meningkatkan aspek-aspek internal untuk dapat bertahan, meningkatkan kapabilitas, dan meningkatkan daya saing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NCBMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Prosiding National Conference Business, Management, and Accounting (NCBMA) berisi artikel-artikel ilmiah dari para peneliti secara nasional yang mengikuti konferensi NCBMA yang diadakan rutin setiap tahun oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Harapan. Prosiding National Conference ...