Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal
Vol 9, No 2 (2022)

Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus Kelas VIII MTsN 1 Kota Tangerang Selatan

Erika Hidayati (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Anissa Windarti (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Andri Noor Ardiansyah (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS dikategorikan tidak efektif, dapat dilihat berdasarkan pada indikator efektivitas pembelajaran menurut Slavin yaitu  mutu pengajaran, tingkat pengajaran yang tepat, insentif dan waktu yang harus saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya agar dapat dinyatakan efektif. Semua aspek atau indikator dari efektivitas saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya dan telah memenuhi kriteria untuk dinyatakan efektifKata Kunci: Efektivitas, Microsoft Teams, Media Pembelajaran    AbstractThis study aims to determine the effectiveness of using Microsoft Teams as a learning medium in social studies subjects. This research was conducted at MTsN 1 South Tangerang City. The research method used is descriptive qualitative with data analysis techniques Miles and Huberman consisting of data reduction, data presentation and conclusions or verification. The instruments used in this research are observation, interview and documentation guidelines. The results of this study indicate that the use of Microsoft Teams as a learning medium in social studies subjects is categorized as ineffective, it can be seen based on the indicators of learning effectiveness according to Slavin, namely the quality of teaching, the right level of teaching, incentives and time that must be mutually sustainable with one another in order to achieve success. declared effective. All aspects or indicators of effectiveness are mutually sustainable with each other and have met the criteria to be declared effectiveKeywords: Effectiveness, Microsoft Teams, Learning Media

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SOSIO-FITK

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Sosio Didaktika: Social Science Education Journal publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, master students’ theses research, and doctoral students’ dissertations research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and analysis contained ...