Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Transukma
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Penelitian Transukma

ANALISIS PENJADWALAN PROYEK REHABILITASI JALAN PRESERVASI JALAN KERANG – KUARO KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN METODE PDM DAN PERT: SCHEDULING ANALYSIS OF THE REHABILITATION PROJECT PRESERVATION ROAD KERANG ROAD – KUARO EAST KALIMANTAN USING PDM AND PERT METHODS

Maslina Maslina (Universitas Balikpapan)
Reno Pratiwi (Universitas Balikpapan)
Adi Muhammad Ridho (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Pekerjaan rehabilitasi jalan merupakan penanganan suatu ruas jalan yang mengalami rusak ringan dengan mengganti atau memperbaiki struktur lapisan pondasi aspal (LPA) dan aspal jalan. Kendati dalam proyek rehabilitasi jalan ini mengalami keterlambatan selama 14 hari kerja maka akan dilakukan analisis terhadap penjadwalan proyek menggunakan metode PDM (Precedence Diagram Method) dan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique), tujuannya adalah untuk mengetahui berapa lama durasi yang didapatkan menggunakan metode tersebut dan berapa probabilitas efektif proyek tersebut dapat selesai dengan baik. Dari data kurva S yang diolah dengan bantuan Microsoft project 2013 untuk memperoleh hubungan antar pekerjaan menggunakan metode PDM yang kemudian akan dapat dilihat lintasan kritis pada proyek tersebut, sehingga dari lintasan kritis tersebut menjadi acuan mencari durasi yang diharapakan (te) yang kemudian dihitung nilai deviasi standar (S) dan varians sehingga didapat probabilitas proyek tersebut dapat selesai. Hasil penelitian yang didapat adalah durasi proyek rehabilitasi jalan yang sebelumnya mengalami keterlambatan 14 hari, dan saat dilakukan penelitian pada penjadwalan proyek tersebut menggunakan kombinasi metode PERT dan PDM mendapati probabilitas target dengan 161 hari dapat tercapai sebesar 89%, sehingga proyek dapat dikatakan masih dapat selesai tepat waktu. A road rehabilitation project handles a lightly damaged road segment by replacing or repairing the structure of the asphalt foundation layer (LPA) and asphalt road. Although the road rehabilitation project experienced a delay of 14 working days, an analysis of the project schedule will be carried out using the PDM (Precedence Diagram Method) and PERT (Program Evaluation and Review Technique) methods, the aim is to find out how long the duration is obtained using these methods. and what is the effective probability of the project being successfully completed. From the S curve data processed with the help of Microsoft project 2013 to obtain the relationship between jobs using the PDM method, we will then be able to see the critical path of the project so that the critical path becomes a reference for finding the expected duration (te) which is then calculated the standard deviation value. (S) and variance so that the probability of the project can be completed. The results obtained are the duration of the road rehabilitation project which previously experienced a delay of 14 days. When the research was conducted on the project schedule using a combination of PERT and PDM methods, it found that the target probability of 161 days could be achieved by 89%, so the project can still be said to be completed on time.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

transukma

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Transukma merupakan jurnal ilmiah teknik sipil sebagai media publikasi ilmiah untuk hasil-hasil inovasi terkini dalam bidang teknik sipil. Media publikasi ini sebagai wadah untuk menuangkan gagasan dan ide dalam pengembangan keilmuan ataupun permasalahan yang ada di dalam masyarakat untuk ...