Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 3 (2023): DIDAKTIKA Agustus 2023

Internalisasi Nilai Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan

Windy Rahmadhani (Unknown)
Zaini Dahlan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai karakter gemar membaca siswa melalui program literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, dan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Medan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: 1) Tahap pembiasaan, yang meliputi pembiasaan membaca selama 10-15 menit dan kegiatan literasi lain yang dapat membangun budaya literasi seperti kegiatan berliterasi keagamaan; 2) Tahap pengembangan, yang meliputi pengembangan kemampuan literasi melalui berbagai kegiatan non akademis yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa melalui berbagai kegiatan; 3) Tahap pembelajaran, yang meliputi pelaksanaan pembelajaran menggunakan beragam strategi literasi dan pengupayaan sekolah sebagai lingkungan akademis yang literat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...