Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis revolusi pendidikan pondok pesantren tradisional dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Dalam konteks perubahan sosial, teknologi, dan tantangan global yang semakin kompleks, pendidikan pondok pesantren tradisional mengalami transformasi yang signifikan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kajian literatur yang melibatkan analisis terhadap berbagai sumber informasi terkait. Melalui analisis literatur, penelitian ini mengungkap tiga temuan utama.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revolusi pendidikan pondok pesantren tradisional melibatkan sejumlah aspek. Pertama, terjadi pergeseran paradigma pendidikan dari kurikulum yang terfokus pada pengajaran agama menjadi pendekatan yang lebih holistik dan terintegrasi. Kedua, implementasi teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi metode pengajaran, pengelolaan administrasi, dan akses terhadap informasi. Ketiga, hubungan antara pesantren dan masyarakat juga mengalami perubahan, dengan upaya memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan.
Copyrights © 2023