Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 4 No 3 (2023): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), Oktober 2023

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Zahroh, Fina Azkiyati (Unknown)
Majid, Ahmad (Unknown)
Fatiatun, Fatiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengujiikevalidan, kepraktisan untuk menguji keefektifan modul pembelajaran fisika integrasi ayat-ayat Al-Qur’an materimgelombang mekanik. Penelitian ini menggunakannpenelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket analisis validitas modul, angket analisis kepraktisan dan angket analisis keefektifan yang menggunakannteknik analisis data berupa statistik deskriptif berupa analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk dan uji T dan N-Gain untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di MA Salafiyah Simbangkulon dengan sampel sebanyak 25 anak kelas XI MIPA 2. Persentase hasil validasi modul sebesar 88% merupakan kategori yang sangat valid. Proporsi penilaian kepraktisan sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil analisis uji-T pada kurva menunjukan bahwa T-hitung berada pada kisaran penolakan Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga penggunaan modul berpengaruh dalam kemampuan kognitif siswa yang meningkat. Berdasarkan uji N-Gain memiliki peringkat N-Gain sebesar 0,75 dalam kategori sangat Tinggi atau Sangat layak. Berdasarkan hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran fisika integrasi ayat-ayat Al-Qur’an layak digunakan sebagai media dan sumber pembelajaran fisika.

Copyrights © 2023