PeTeKa
Vol 6, No 3 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Rusmianis Rusmianis (Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau)
Bunari Bunari (Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau)
Nurdiansyah Nurdiansyah (Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Faktor-faktor kesulitan belajar merupakan faktor penyebab yang menghambatnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sehingga dapat mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta faktor yang paling dominan menyebabkan kesulitan belajar sejarah siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah kuantitatif  melalui survei menggunakan kuesioner faktor-faktor kesulitan belajar sejarah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa pada mata pelajaran sejarah menjadi faktor internal tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dengan persentase sebesar74,0%. Selanjutnya, lingkungan sekolah menjadi faktor eksternal tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar sejarah siswa dengan persentase sebesar71,8%. Penelitian juga menunjukkan faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama mempengaruhi kesulitan belajar sejarah siswa sebesar 71,2%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa faktor internal dengan indikator minat siswa merupakan faktor paling dominan menyebabkan kesulitan belajar sejarah siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...