Faktor-faktor kesulitan belajar merupakan faktor penyebab yang menghambatnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sehingga dapat mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta faktor yang paling dominan menyebabkan kesulitan belajar sejarah siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah kuantitatif melalui survei menggunakan kuesioner faktor-faktor kesulitan belajar sejarah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa pada mata pelajaran sejarah menjadi faktor internal tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dengan persentase sebesar74,0%. Selanjutnya, lingkungan sekolah menjadi faktor eksternal tertinggi yang mempengaruhi kesulitan belajar sejarah siswa dengan persentase sebesar71,8%. Penelitian juga menunjukkan faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama mempengaruhi kesulitan belajar sejarah siswa sebesar 71,2%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa faktor internal dengan indikator minat siswa merupakan faktor paling dominan menyebabkan kesulitan belajar sejarah siswa.
Copyrights © 2023