Proses pembelajaran melibatkan kecerdasan dan keterampilan yang harus dimiliki untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Keterampilan belajar perlu dikuasai mahasiswa, agar dapat menguasai materi perkuliahan. Untuk menguasai hal tersebut mahasiswa membutuhkan berbagai keterampilan belajar dan penguasaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendekripsikan keterampilan belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling (2) mendeskripsikan keterampilan belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika (3) mengetahui perbedaan keterampilan belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling dengan mahasiswa program studi pendidikan matematika. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif dengan sampel penelitian mahasiswa bimbingan konseling dan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Adapun pengumpulan data menggunakan angket model skala likert dengan analisis deskriptif, dan uji t atau t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan belajar mahasiswa bimbingan konseling berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 69,86 (2) keterampilan belajar mahasiswa pendidikan matematika berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 70,25 (3) keterampilan belajar mahasiswa bimbingan konseling dan pendidikan matematika memiliki nilai thitung 0,531 < ttabel 1,995 berdasarkan hasil perhitungan t test menunjukan bahwa tidak ada perbedaan keterampilan belajar mahasiswa bimbingan konseling dan mahasiswa pendidikan matematika.
Copyrights © 2023