Banyak siswa menganggap kimia menantang karena mengharuskan mereka melakukan perhitungan yang rumit, menangani berbagai variabel eksperimental, dan memperdebatkan berbagai topik teoretis. Artikel ini berfokus pada pendekatan Problem Based Learning (PBL) sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas intelektual siswa SMA/MA, khususnya pada bidang berpikir kritis dan green chemistry. Model PBL juga akan diperluas ke zat asam basa sebagai bagian dari penyelidikan ini. Penelitian ini meliputi tinjauan pustaka kualitatif dan analisis deskriptif. Metode Pengumpulan Data Dalam penelitian ini, langkah mendasar dari tinjauan literatur sistematis disebut sebagai proses tinjauan pelingkupan. Untuk menumbuhkan pemikiran kritis di kalangan siswa, pembelajaran berbasis proyek (PBL) yang berpusat pada keterampilan kimia hijau dapat digunakan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mengajarkan keterampilan kimia hijau kepada siswa dengan menggunakan pendekatan PBL secara signifikan meningkatkan tingkat pemikiran mereka dan memotivasi mereka untuk peduli terhadap lingkungan.
Copyrights © 2023