Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman multikultural siswa di sekolah berbasis agama dan hubungannya dengan pengembangan kecerdasan kultural mereka. Globalisasi dan meningkatnya keragaman budaya di masyarakat saat ini menuntut pendidikan untuk mempersiapkan siswa agar menjadi individu yang mampu berinteraksi secara efektif dalam llingkungan multikultural. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan siswa-siswa dari latar belakang budaya yang berbeda di sebuah sekolah menengah di Sekolah Berbasis Agama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema dan pola yang muncul dari pengalaman multikultural siswa. Selain itu, pengembangan kecerdasan kultural siswa juga akan dinilai melalui instrumen penilaian yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap pengalaman multikultural siswa, termasuk interaksi sosial dengan teman sekelas dari berbagai budaya, pengalaman dalam kegiatan ekstrakurikuler yang memperkenalkan tradisi budaya, serta pengalaman dalam acara sekolah yang menekankan perbedaan budaya. Selanjutnya, penelitian ini juga akan mengevaluasi pengaruh pengalaman multikultural tersebut terhadap pengembangan kecerdasan kultural siswa, termasuk pemahaman tentang budaya orang lain, penghargaan terhadap perbedaan budaya, dan kemampuan beradaptasi dalam konteks multikultural.
Copyrights © 2023