JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa)
Vol 4 No 1 (2023): JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa)

ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA SOLOK TAHUN AJARAN 2021/2022

Anisa Purnama Sari (Unknown)
Redo Andi Marta (Unknown)
Elan Halid (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis penggunaan kaidah kebahasaan pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini difokuskan pada temuan, bentuk, dan fungsi penggunaan ejaan bahasa Indonesia tentang ketepatan dan ketidaktepatan pemakaian huruf dan tanda baca pada kalimat dalam teks fabel siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penggunaan kaidah kebahasaan pada teks fabel siswa yaitu pemakaian huruf dan tanda baca ditinjau dari segi ketepatan dan ketidaktepatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode dengan langkah-langkah pengumpulan data dan kesimpulan. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: peneliti meminta hasil kerja siswa kepada guru bidang studi bahasa Indonesia. Sedangkan langkah-langkah dalam analisis data (1) Peneliti membaca teks fabel siswa, (2) Peneliti menggarisbawahi dan memberi pengkodean sesuai dengan instrumen penelitian, (3) Menginvetarisasikan data dalam tabel penelitian format 1, (4) Mengklasifikasikan data dalam tabel instrumen penelitian format 2, (5) Menganalisis data. Dalam temuan penelitian, ditemukan data mengenai analisis kaidah kebahasaan dari segi ketepatan dan ketidaktepatan berjumlah 396 data. Dari segi ketepatan sebanyak 301 data dan segi ketidaktepatan 95 data. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan kaidah kebahasaan yang paling menonjol digunakan adalah dari segi ketepatan. Hal ini disebabkan karena pemakaian kaidah kebahasaan selalu terjadi dalam setiap tulisan pada teks fabel. Sedangkan ada juga yang lebih dominan terjadi pada segi ketidaktepatan kaidah kebahasaan yaitu pada pemakaian huruf kapital yang seharusnya menggunakan huruf kecil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jelisa

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

1. Pengajaran Bahasa dan Sastra (perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum, bahan ajar, dan media pembelajaran). 2. Ilmu Bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, wacana, pragmatik, sosiolinguistik, psikolinguistik) 3. Ilmu Sastra (teori sastra, ...