Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi secara objektif tentang (1) wujud tindak direktif, dan (2) fungsi tindak tutur yang dituturkan mahasiswa asismen lapangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa data verbal, yaitu tuturan guru dalam interaksi kelas. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen pengumpul data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, perekaman, dan pencatatan lapangan. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang wujud tindak direktif, dan fungsi tindak tutur mahasiswa asismen lapangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Wujud tindak tutur yang ditemukan adalah tindak direktif, meliputi tindak tutur dengan wujud permintaan, pertanyaan, persyaratan, larangan, persilaan, dan nasihat. Fungsi tindak yang ditemukan adalah (1) fungsi untuk tukar-menukar informasi faktual, (2) mengungkapkan informasi intelektual, (3) mengungkapkan sikap emosi, (4) mengungkapkan sikap moral, (5) meyakinkan atau mempengaruhi, dan (6) bersosialisasi. Peneliti berharap semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi para peneliti bahasa untuk meneliti tindak tutur dalam wacana kelas dengan kajian yang berbeda dan jangkauan penelitian yang diperluas karena penelitian ini hanya terbatas pada telaah wujud tindak direktif serta fungsinya.
Copyrights © 2023