Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2023): Juli 2023

Buku Cerita Anak Dwibahasa Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Rukmana, Gede Weda (Unknown)
Putrayasa, Ida Bagus (Unknown)
Sanjaya, Dewa Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Inggris menurun secara drastis. Hal ini dikarenakan buku yang digunakan berbahasa Inggris secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan tri hita karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris pada siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui instrumen yang berupa kuesioner. Subjek penelitian terdiri dari masing-masing 1 ahli media, materi, kebahasaan, praktisi dan 30 orang siswa kelas III SD. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas III Sekolah Dasar dinyatakan valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, materi pembelajaran SD, dan bahasa; praktis danpeserta didik; efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Simpulan penelitian bahwa buku cerita anak dwibahasa (Inggris-Indonesia) bermuatan Tri Hita Karana yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasis siswa dalam belajar bahasa Inggris. Implikasi penelitian ini Buku cerita anak yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk mengajarkan bahasa Inggris dan menanamkan nilai-nilai karatker yang positif melalui konsep THK.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...