PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SDN 20 CAKRANEGARA

Baiq Siti Munawarah (Universitas Mataram)
A. Hari Witono (Universitas Mataram)
Ilham Syahrul Jiwandono (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas V SDN 20 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 20 Cakranegara sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, & Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kredibitas dan dependabilitas, adapun uji keabsahan data kredibilitas diantaranya triangulasi waktu, sumber, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada mata pelajaran PPKn. Penyebab rendahnya motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas V SDN 20 Cakranegara diantaranya kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran PPKn pada indikator minat terhadap segala bentuk persoalan, siswa ketika belajar dalam kondisi kurang sehat pada indikator kondisi jasmani siswa, kurangnya penggunaan sumber belajar dalam proses pembelajaran PPKn pada indikator penggunaan sumber belajar, dan terakhir guru tidak pernah memberikan hadiah sebagai bentuk reward ketika siswa mampu menyelesaikan tugas pada indikator pemberian hadiah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...