Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2023)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Macromedia Flash 8 Pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan

Dela Adelia (PGSD, Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (PGSD, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan media pembelajaran berbantu Macromedia Flash 8 dengan mempertimbangkan penilaian dari enam orang ahli  yang terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli bahasa dan dua orang ahli desain serta guna mengetahui tanggapan dari guru dan siswa mengenai media pembelajaran yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang mengadopsi model pengembangan Addie yang disederhanakan menjadi empat tahapan yaitu analysis, design, development dan implementation. Instrument pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket validasi untuk menguji kevalidan dan angket respon guru dan siswa untuk menguji kepraktisan. Hasil temuan dari penelitian ini, menghasilkan berupa produk media pembelajaran berbantu macromedia flash 8 pada materi jarak, waktu dan kecepatan yang dapat digunakan pada siswa sekolah dasar. Dengan nilai rata-rata validasi dari ahli bahasa (96,67%), ahli materi (92,00%), dan ahli desain (87,27%) yang masing-masing hasil penilaian tersebut dikategorikan sangat valid. Nilai rata-rata akhir secara keseluruhan dari enam validator yaitu sebesar 91,98% dengan kategori sangat valid sehingga dapat dilakukan uji coba lapangan. Penilaian uji coba skala terbatas dari respon guru memperoleh nilai sebesar 91,76% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata dari respon enam orang siswa mendapatkan nilai sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran berbantu macromedia flash 8 pada materi jarak, waktu dan kecepatan sudah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...