Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 4 (2023)

Pembelajaran Metode Proyek Kurikulum Merdeka Sebagai Strategi Pembentukan Kemandirian Anak

Siti Wahyuningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Upik Elok Endang Rasmani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Bambang Winarji (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Jumiatmoko Jumiatmoko (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Nurul Shofiatin Zuhro (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Anjar Fitrianingtyas (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Novita Eka Nurjanah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Kemandirian merupakan kondisi dimana seorang individu dapat berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Sikap ini perlu ditanamkan kepada semua orang tak terkecuali anak usia dini. Masa ini merupakan masa pondasi anak untuk menerima stimulasi dari luar sebagai bekal menghadapi kesulitan dimasa mendatang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk membentuk perilaku kemandirian anak sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu melalui kegiatan metode proyek. Fakta dilapangan didapat kurangnya kemampuan kemandirian anak didalam kelas ditunjukkan dengan anak belum berani dalam mengungkapkan pendapat maupun melakukan perintah guru pada saat pembelajaran didalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran metode proyek dapat menjadi salah satu strategi dalam membentuk kemandirian anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder dengan analisis Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek menjadi strategi yang mudah dilaksanakan bagi guru dalam membentuk kemandirian anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan bagi anak didalam kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...