Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023)

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini

Mallevi Agustin Ningrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya)
Lischa Dwi Christin Niya (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya)
Maziyatul Hamidah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Kemampuan motorik kasar merupakan salah kemampuan yang dikembangkan pada pendidikan anak usia dini. Perkembangan motorik kasar mempunyai proporsi yang sama pentingnya dengan perkembangan aspek lainnya sehingga pendidik harus siaga membantu mengembangkan dan melatih kemampuan motorik anak dilembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan halang rintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart sebagai metode penelitian untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, adapun tahap penelitian meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada dua siklus. Pada siklus pertama kegiatan bermain halang rintang dilakukan dengan cara bergiliran yaitu anak satu persatu mencoba permainan. Hasil dari siklus satu belum memenuhi target yang direncanakan, kemudian peneliti melanjutkan pada siklus ke dua, pada siklus ini permainan halang rintang dilaksanakan dengan model kompetisi yaitu peneliti membuat dua lintasan permainan karena anak bermain berpasangan. Hasil tindakan pada siklus dua menunjukkan peningkatan motorik kasar anak sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...