AKSIOMA
Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Implementasi Model Direct Instruction dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Siswa

Hanung Unggul Prastawa (Universitas PGRI Semarang)
Sutrisno Sutrisno (Universitas PGRI Semarang)
Sri Hastuti (MAN 2 Kota Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan utama seorang guru saat mengajar di kelas adalah mencapai prestasi belajar siswa yang optimal, namun berdasarkan hasil observasi di kelas X-J MAN 2 Kota Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 prestasi belajar hanya 54,29% siswa yang nilai matematikanya ≥75 dari total 35 siswa, serta minat belajar matematika yang rendah dengan persentase 54,79%. Salah satu faktornya adalah penggunaan model pembelajaran ekspositori oleh guru yang masih menjadi penyebab, sehingga diperlukan adanya inovasi dalam model pembelajaran guna meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa melalui model Direct Instruction (DI) dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Tahapan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan atau observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) Tes prestasi belajar, (2) Angket minat belajar matematika, dan (3) observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis pada penelitian ini ditemukan bahwa ketuntasan tes prestasi belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 65,71% dan pada siklus II sebesar 77,14% artinya terjadi peningkatan prestasi belajar dengan persentase 11,43%. Persentase angket minat belajar pada siklus I yaitu 65,07% dan pada siklus II yaitu 70,57% sehingga terjadi peningkatan 5,5% pada minat belajar matematika. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran DI dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar matematika siswa.Kata kunci: Direct Instruction; Inkuiri Terbimbing; Prestasi Belajar; Minat Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...