Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan software Solar System Scope dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalahone group pre-test post-test design dengan kelas replikasi tanpa menggunakan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah 50 peserta didik dari kelas VII A dan VII C SMPN 21 Surabaya. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi tata surya. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan inferensial berbantuan SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar berdasarkan: 1) rata-rata n-gain kelas eksperimen dan kelas replikasi berkategori sedang; 2)hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, artinya ada peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan;3) nilai signifikansi uji Mann-Whitney sebesar 0,732, artinya peningkatan hasil belajar konsisten dengan rata-rata n-gain tidak berbeda secara signifikan pada kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing bantuan media aplikasi Solar System Scope terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023