COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 5 (2023)

Peningkatan keterampilan membaca pemahaman teks informasi melalui penerapan model problem based learning pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar

Rachmawati (Unknown)
Ratnaningsih (Unknown)
Anik Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman peserta didik tergolong cukup rendah. Hasil pelaksanaan pratindakan memperlihatkan bahwa nilai rata-rata membaca pemahaman peserta didik yakni 74,3% dan sebanyak 55% tuntas serta 45% belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan keterampilan terkait membaca pemahaman suatu teks informasi pada peserta didik di kelas III jenjang sekolah dasar melalui pengaplikasian model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan M.C Taggart dipilih sebagai metode penelitian. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas III di SDN Baros Mandiri I. Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan membaca pemahaman teks informasi, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) Siklus I mencapai ketuntasan sebesar 76% atau sekitar 22 peserta didik telah mencapai KKM dan 24% belum tuntas atau sekitar 7 peserta didik belum mencapai KKM; dan 2) Siklus II mencapai ketuntasan sebesar 93% atau sekitar 27 peserta didik telah mencapai KKM dan 7% belum tuntas atau sekitar 2 peserta didik belum mencapai KKM. Dapat diambil simpulan bahwa implementasi dari model Problem Based Learning mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks informasi pada peserta didik kelas III jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...