Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan tingkat kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal tipe PISA berdasarkan level kategori kemampuan literasi matematika dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kemampuan literasi matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal PISA, pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan level PISA berada pada kategori baik sekali pada level 1 (87%), baik pada level 2 (73,33%) dan level 3 (66,67%), kurang pada level 4 (33,33%) dan level 5 (27%), dan kurang sekali pada level 6 (20%). Faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa adalah faktor personal mengenai cara pandang siswa serta rasa percaya diri siswa terhadap kemampuannya dalam pembelajaran matematika dan faktor instruksional yang berasal dari penggunaan metode ajar guru. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, disarankan agar guru membiasakan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal kontekstual.
Copyrights © 2023