Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online dalam mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Pelaksanaan pembelajaran online dalam mengembangkan keterampilan menulis menunjukkan bahwa 88% mahasiswa menguasai aplikasi pembelajaran online dan sebanyak 12% mahasiswa belum menguasai aplikasi pembelajaran online dengan baik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah sebesar 39% metode yang digunakan adalah pemberian tugas, 26% adalah metode problem based learning, 23% metode diskusi, dan 12% ceramah. Aplikasi online yang digunakan dalam pembelajaran yaitu 32 % pembelajaran dilakukan dengan google classroom, 24% dengan whatsapp grup, 20% dengan google meet, 14% dengan zoom, 8% dengan wattpad, dan 2% dengan email. Respons mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online yaitu sebanyak 78% mahasiswa setuju pembelajaran online tetap diterapkan dan 22% mahasiswa tidak setuju pembelajaran online tetap dilaksanakan. Penelitian ini berimplikasi terhadap proses pembelajaran online yang dilakukan oleh dosen, sehingga dosen dapat mengemas pembelajaran online dengan lebih menyenangkan, inovatif dan memotivasi mahasiswa dalam mengambangkan keterampilan menulis.
Copyrights © 2023